Tuesday 2 February 2016

Cara Membuat rangkuman

  Langkah-langkah membuat rangkuman
Memahami isi buku ilmu pengetahuan populer relatif lebih sulit daripada buku lainnya. Untuk itu diperlukan adanya rangkuman atau ringkasan yang berisi intisari dari bacaan atau buku yang ingin dipahami. Adapun langkah-langkah untuk embuat rangkuman buku arau artikel ilmu pengathuan populer adalah sebagai berikut:
1.      Membaca secara keseluruhan isi teks wacana yang akan dibuatkan rangkuman.
Sebelum membuat rangkuman dari sebuah teks, sebaikanya baca terlebih dahulu isi keseluruhan dari teks yang akan dirangkum. Dengan membaca secara keseluruhan isi teks, maka rangkuman kita pun akan lengkap dengan tidak melewatkan hal-hal penting yang tedapat dalam teks.
2.      Menemukan kata-kata kunci.
Dalam membaca sebuah teks, kadang kala kita menemukan beberpata kata yang diulang-ulang. Kata yang diulang tersebut nerupakan kata-kata kunci yang dapat mengantarkan kita pada pikiran utana sebuah teks.
3.      Menggarisbawahi hal-hal yang penting.
Dengan menggarisbawahi hal-hal yang penting maka kita akan lebih mudah menemukan pokok-pokok pikiran dari sebuah teks. 
4.      Mencatat butir-butir pokok teks.
Setelah membaca teks secara keseluruhan, segera catat butir-butir pokok dari teks yang telah dibaca. Butir-butir pokok teks adalah hal-hal penting yang diungkapkan pengarang dalam karangannya. Hal-hal penting itu dapat berupa gagasan, fakta baru, atau pesan. Pada dasarnya membaca teks itu sama halnya dengan mengambil hal-hal pokok yang terdapat dalam teks. 
5.      Menulis rangkuman isi berdasarkan butir-butir pokok yang telah dicatat.
Butir-butir pokok dari teks terkadang urut dan masih terpencar-pencar di semua paragraf. Usaha menyatukan kembali butir-butir teks itulah yang disebut merangkum. Jadi, merangkum dimulai dari kegiatan mencari butir-butir pokok, menyatukannya, dan meringkasnya dalam bentuk yang lebih pendek dari teks aslinya.

No comments:

Post a Comment